SDM Tokopedia Tetap Bertumbuh di Tengah Badai PHK Massal Startup

- 24 Juni 2022, 13:03 WIB
SDM Tokopedia Tetap Bertumbuh di Tengah Badai PHK Massal Startup
SDM Tokopedia Tetap Bertumbuh di Tengah Badai PHK Massal Startup /dok. Tokopedia/

TENTANGBATU.COM - Co-Founder dan Director Tokopedia Leontinus Alpha Edison menyebutkan Sumber Daya Manusia (SDM) dari e-commerce besutannya itu tetap bertumbuh dan dalam kondisi kerja yang stabil di tengah badai Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal "startup" di Tanah Air yang terjadi beberapa waktu terakhir.nzm

Adapun Tokopedia mencatat sebelum pandemi jumlah pegawainya yang bekerja mencapai 4.900 orang, dan kini setelah hampir 2,5 tahun pandemi berlangsung justru bertambah menjadi 6.000 talenta.

"Soalnya kita menerapkan prinsip kehati-hatiannya sudah sejak lama sih. Kita hiring ada alasannya, kalau terkait talent ya kita hitung dengan baik. Soalnya saya tidak mau asal hire," kata Leon saat diwawancarai media di Yogyakarta, Selasa malam.

Bertumbuhnya SDM Tokopedia di tengah pandemi tak lepas dari strategi bisnis mereka yang memprioritaskan kelokalan dan dikenal dengan program "Hyperlocal".

Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menambahkan dengan adanya "hyperlocal" menunjukkan bahwa panggung yang diberikan tidak hanya untuk para mitra dan UMKM namun juga kepada para talenta digital untuk bisa bergabung di Tokopedia.

"Seiring dengan pertumbuhan yang didorong oleh hyperlocal itu pasti kebutuhan bisnis juga pasti bertumbuh. Ini juga terefleksikan ya kalau Nakama (panggilan pegawai di Tokopedia) bukannya berkurang tapi bertumbuh ya," ujar Ekhel.

Lebih lanjut di samping strategi membuka lowongan kerja ketika hanya dibutuhkan, Tokopedia juga merawat para SDM yang ada di bawah naungannya dengan dukungan penuh khususnya terkait kesehatan.

Leon memberikan salah satu contohnya ketika COVID-19 delta merebak dan banyak dari lingkungan pegawainya yang terpapar.

"Support system kita banyak, saya amazing ketika varian delta itu. Banyak dari (pegawai) kita yang kena, di situ kami dukung habis- habisan. Kita bantu semua, kita carikan rumah sakit, kita kirimkan paket perawatan COVID-19, kita sediakan juga layanan dokter yang bisa kapanpun bisa dihubungi," kata Leon.

Halaman:

Editor: Ego Hermansyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

x